Search

Sesuatu Di Balik Langit

Daripada bengong mengawang ke langit-langit, mending nulis aja …

More Dark Equipments in My Arsenal!

So, I got 79 mythrils and it’s FF12’s banner. My policy as dedicated but also laid-back F2P gamer is only pull on my priority realm only. Those are 8, 12, and 13. And today is FF12 event, I heard Gabranth’s helmet and blades are here, so since I’m a big fan of Gabranth’s armors, getting them is kindda like a fanboy’s dream come true.

I could pull them in the morning, since I’m online at that moment, but something’s telling me to pull it later. This is midnight, and I’m trying to test my luck on Gabranth’s helm and blade since I missed his hauberk.

I heard some rumors that if you pull 2 stars on daily free relic draw, you will get a good pull on the event’s banner. When I test it, I only have 1 star items, not lucky, huh? But then I have this urge feeling to pull, but it was calm. Not kind of feeling that I have to pull because I really really want it (like how it happens on Seifer’s banner, which I’m only draw his gloves twice instead of his gunblade). So I take my chance …

 

I’m dancing on “Something Just Like This” playing on my phone, I don’t care how ugly I was, I’m so happy with this. Thank you DeNa!

Lightning vs Seifer

So who’s gonna win between the two gunblade users? Both are swift and deadly. Lightning is fearless and skilled fighter, with high agility. Meanwhile, Seifer undoubtly has high endurance and stamina (HP), this character might hold reputation as loser (mostly because the game needs one to make Squall a legend), but sometimes surprising with his creativity.
Lightning is a stable fighter, bold and cool, therefore her focus is undoubtly better than fragile, insecure and unstable Seifer. With her high agility she will have no dificulity to dodge Seifer’s attacks and read his moves, then shower him with deadly strikes combine with magic attacks. 
Mean while talented but mental damaged knight Seifer will have to learned Lightning’s fightning style and moves first before jumping into the battle to give her unpleasant surprise in fight (ask Odin for this). The fact that he could slice Odin in one blow, shown how much strength he has, and how sharp his gunblade is (actually took great sense of timing too). That scene also proves that Seifer could move faster than Odin, but by statistic, he shows nothing special in agility, means that Seifer can move fast, but not all the time.
Seifer always focused on himself, how he could be more powerful, how he can crush his enemies with his own various deadly attacks, rather than watching the enemies in the middle of actions and judging their strength (which is why he always lost to Squall). Meaning, altough he is a creative fighter, but the creativity is seems not spontaneus. Adaptable Lightning will see this flaws and win her momentum by retaliating Seifer’s attacks easlily.
conclusion :
Lightning undoubtly will dominate the fight, unless if Seifer could control his mental stability, then he could probably be more worthy opponent against her. But, there’s till chance. If Seifer wants to beat Lightning, he must do it quick, as quick as how he kill Odin. Because in long term battle, Lightning undoubtly will win the fight.

FFRK – Mote Dungeon – Ifrit

This battle was piece of cake for me, since I have very good synergy on FF8, and they are well developed. When first I beat Ifrit, it was long time ago, so my equipments will be much different than what I have right now, Fuujin and Raijin hadn’t joined yet.

I have no screenshot of my team when I beating him for the first time. But I still remember who I used, back then.

Squall
He’s one of the key to this battle, because I drawed his jacket, which gives him Misty Blades (or whatever it called). Now, this is a very interesting Soulbreak. First, it’s a combo. Second, the more you use it, the more Ifrit suffers. In this battle, Squall uses about 4 or 5 times.

Rinoa
For her MAG. Though I only have Angelo Canon, it’s not helping much. I’d rather command her to spam blizzaja or chain blizzaja.

Irvine
Second key to this battle, Irvine. I have good soulbreaks for him, Dark Shots, and Hyper Sniper. But with Vaan’s Ark Blast, Hyper Sniper is forgotten.

Selphie
Trabia’s Light is enough.

Quistis
Only if you have her Mighty Guard. Quistis is a kind of character that wouldn’t be much of a help if her soulbreak is only native.

RW – Vaan’s Ark Blast
Usually I would use Shout, but since at the moment I  uses MAG party, this one is much more helping. In fact, I uses SG, Shout, even Rinoa’s BSSB, but only this one leads me to winning.

How the battle goes
– buffs, mitigation
– spam Ifrit with ice attacks, build Squall’s soulbreak
– Only use Irvine to cast Ark Blast, or the role will screwed.
– save Squall’s Mystic Flurry until Ifrit’s HP halved.
– pray that he doesn’t spam 2 meteors in a row.

When first I beat it, MEMU went error in connection, so I have to repeat the battle once again, but again, it’s error for the second time. So I change to my phone and beat him on third time there. So, don’t worry. When you can beat him once, you’ll beat him again.

1.jpg

FFRK – Mote Dungeon – Ahriman

So, right now I’m going to talk about my strategy beating Ahriman in Mote Dungeon. My method might not the most popular method, because of the characters I used probably not the popular one like Cloud or Lightning, or Zack, but I almost always uses Seifer or Basch in important battles.

I’m writing this down in case someone might find it effective as I am. Because, before manage to defeat Ahriman’s Mote Dungeon, I had asked several people who already beat it and I don’t succeed with their strategies.

Ok, here’s my party

Screenshot_2017-04-17-04-09-24.png

The status are not very special, range between 400-500 ATK, 250-300 DEF, 200-300 RES.

At first I set my party consist of characters with wind soulbreaks, which are Fang, Vaan, Fuujin. Since I have bad synergy on FF3, I always gets wrecked when I could just land 25% of Ahriman’s HP. My fights always ends right there. When he spams series of elemental magics, I’m dead. Even with full buffs. As you see, Fang and Fuujin’s HP sucks, and three of them also sucks on defenses.

Therefore, I decided that I will need team with very large HP so they can live longer against the magic spams.

Seifer
(my) Seifer has the most HP among the others, it’s almost 8000. Other than that, I have his two handy soulbreaks which are :
– Zantetsuken Reverse – raise party defense, high damage to enemy
– Death by Comittee – raise party defense too, if I’m not mistaken AND a wind attacks.
Besides, his DEF and RES could break 300 points.

Squall
Between Basch and Squall, I’d pick Squall who has the lower HP than the other one, because this position is for the hitter who can uses wind-powered skills. Squall has 6500 HP, and that is even higher than Ingus or Luneth. But if I have Luneth’s BSB or SSB, I would still use Luneth. But Squall with aero strike could landed 9999 damage on Ahriman (his atk is 503), and he also can uses torando strike.

Arc
He was picked because I have word of kindness, which healed 4000 hp each person. Also, it’s his realm.

Onion Knight
I actually not really need Onion Knight and think of swich him with other character like Vaan or Fuujin, but I keep him in team because I was lucky enough to draw his Vessel of Fate (which actually unnecessary because Sazh’s Choco Blues is actually way better). Besides, his HP is almost 8000, means that he will survive the magic spam better than Vaan or Fuujin. For weapon, I use Desch’s sword (or dagger, perhaps?), gives him 400 ATK & MAG.

Sazh
This guy is like the key to the battle. I knew I will need Sazh in this fight. First, I use his Godsend for protectga and regen, then when his SB bar filled again, I uses his Choco Blues to boost attack and mitigation.

RW – Tyro’s Sentinel Grimoire
This is also the main key, other than Sazh in my strategy of beating Ahriman. This ability makes the team survives better, just don’t ever forget to resummon it when Ahriman’s HP is halved.

How the battle goes
– First, I use SG, then buffs such as Godsend, Shellga, Vessel of Fate.
– after buffs sets, Sazh landed full break, Seifer builds Soulbreak with lifesyphon, Squall uses aero strike 9999 or tornado strike 12000, arc spams curaja, OK do whatever he can to damage Ahriman.
– Sazh must can blind Ahriman before HP are halved.
– Keep attacking, if you have combo, use it. Be aware to resummon SG on the right moment or Ahriman will kills you with spams of magics.
– if you being discipline and manage to blind him, this battle is piece of cake.

 

Unforgetable April Mob

Ini baru saja kejadian, rasanya gila, nyesek dan bikin perut mules tanpa bisa dijelaskan alasannya kenapa. Intuisi memang begitu, “tahu tanpa sebab yang jelas”, dan itu gak salah. Gue tau sesuatu bakal terjadi, sesuatu yang menyedihkan dan bisa bikin gue nangis. Gue gak suka mengakui kalau gue ini cengeng, apalagi nangis. Jadi kalau gue menyebutkan 1 kata itu, maka berarti ini sudah serius.

Biar gampang dimengerti, biar gue jelaskan secara kronologis saja.

Kamis, 30 Maret 2017 …

Biasanya gue ngerjain komik gue di dalam kamar, karena gue gak suka ada orang lewat-lewat di sekitar gue waktu gue lagi kerja. Kalau di dalam kamar, gue bisa tutup pintu tanpa ada orang seliweran di belakang atau di sebelah. Dan juga, ga ada nyokap kepo yang ngomel-ngomel ngeliat gue nggambar orang lagi ciuman atau monster yang tak jelas bentuknya. :p

Kali ini berhubung bokap dan nyokap pulang ke Purwokerto untuk urusan Cheng Beng (ziarah ke makam kerabat atau leluhur), rumah jadi milik gue doang. Gue pindahin laptop dan gambar-gambar gue ke ruang tengah, meja makan, biar gue juga bisa sekalian nonton tv sambil ngawasin anjing-anjing gue di depan rumah.

Waktu lagi kerja, laptop gue batrenya ngedrop, jadi gue colok charger. Pas gue masukin tuh charger ke stock contact (ga tau tulisannya gimana) terdekat, … LEBB!! Lampu kamar gue padam beserta listrik-listriknya. Rupanya listrik stop kontak di ruang makan ini masih nyambung dengan listrik kamar gue yang udah terkenal “berbahaya” karena beberapa kali sering korsleting.

Berhubung sering kasus, jadi gue yang gak ngerti-ngerti amat soal listrik ini tau harus ngapain. Gue pergi ke hub listrik dimana ada banyak sekring-sekring rumah berjejer. Gue cari deh mana yang turun, tinggal gue naikin. Tapi anehnya, gak ada satupun yang turun. Ini berarti ga ada yang korslet kan? tapi kenapa listriknya langsung padam waktu gue colok charger di jalur itu?

Seenggaknya gue ngerti sekring jalur kamar gue yang mana, jadi gue coba turunin, naikin lagi. Waktu gue sentuh, tuh listrik nyala lagi, tapi waktu gue sentuh lagi, listriknya mati. Jadi seakan-akan jalur itu udah gak beres banget. Anyway, gue tetap nyalain jalur itu dan lanjut ngerjain komik.

Jumat 31 Maret 2017…

Siang itu gue sedang duduk di ruang depan, di sofa empuk dan mengawasi anjing-anjing. Gak ada yang salah, mendadak aja, gue merasakan sedih luar biasa, entah dari mana datangnya perasaan itu. Awalnya gue pikir anjing gue bakal kenapa-kenapa, karena gue biasanya tau kapan peliharaan gue mau pergi. Tapi, andai anjing gue mau pergi pun, mereka penuh dengan gairah hidup. Makannya kenceng, main bola semangat banget, masih jago nggonggongin orang lewat, kayaknya ga ada tanda-tanda api kehidupan mereka menyurut.

Tapi perasaan sedih yang muncul mendadak ini gak hilang juga. Bahkan semakin besar sampai-sampai gue menangis sendiri tanpa sebab yang jelas. Akhirnya gue bawa ke dalam doa. Walau begitu perasaannya ini gak hilang-hilang. Di dalam sini jantung gue masih berdebar-debar seperti debt kolektor nggedor-gedor pintu rumah target.

 

Sesuatu berbisik di hati gue; “besok jangan pergi. Sabtu di rumah saja. Bodo amat mau diomelin bos, yang penting Sabtu jangan pergi!”

Sabtu, 1 April 2017 …

Guess what? Gue pergi. Akhirnya gue melawan kata hati gue dan pergi ke MKG3 untuk kerja part time. Pagi-pagi sih firasat tenang, siang juga oke. Ga ada kejadian apa gitu. Gue berdiri dengan perkakas dan senjata kebersihan di pinggang, mengawasi anjing-anjing lalu lalang di dalam tenda. Seharian itu cuma 1 mini pom yang buang tai. Ini karena hampir ga ada anjing yang berkeliaran di tempat gue berjaga, adanya cuma kandang-kandang penuh dengan anjing yang dijual oleh peternak.

Sekitar jam 3 lebih … gue lupa juga, tapi menurut history whatsapp, setidaknya sebelum jam 4 sore, gue makan siang KFC. Sedap banget khan? Itu makanan favorit gue, KFC. Selesai makan, ada gelas-gelas pepsi, gue nanya, boleh diminum gak itu? Takutnya itu punya panitia yang lain, bukan punya tim pooophelper. Ternyata temen gue bilang itu minuman kita, lengkaplah kenikmatan makan siang hari ini.

Begitu gue minum tuh pepsi … srupuuuutt…..

Serrr….. beban jantung gue bertambah berkilo-kilo. Mendadak gue jadi panik lagi seperti kemarin tanpa sebab. Kali ini lebih parah karena tangan gue sampai gemetar, gak cuma tangan, kaki juga. Leher panas dingin seperti orang demam, dan filing gue langsung berteriak-teriak; “Pulang! Pulang sekarang!”

Hu um, bener dah kayak lagunya Marcell yang itu. Pas banget buat soundtrack deh. Akhirnya gue ngomong ke leader gue, kalau filing gue ga enak, dan gue pingin pulang. Tapi gue ga tau ada kejadian buruk yang menimpa anjing-anjing gue yang terkenal sering dijadiin anjing potong, atau orangtua gue yang sedang berada di luar kota, atau menimpa gue sendiri?

Leader gue yang realistis itu tentu saja nyeramahin gue, “lo jangan baper, rumah lo aman. Anjing lo aman. Yang penting lo sekarang kerja.”

Maksud dia baik sih, tapi pada detik itu juga, omongan dia bikin gue pingin kejadian buruk segera terjadi sehingga gue bisa ngebuktiin kalau filing gue gak salah. Justru waktu gue mengabaikan firasat ini, gue selalu kena batunya; itu pengalaman gue sejak dulu.

Akhirnya gue nekad aja, diem-diem bolak-balik antara post dan tenda untuk meriksa whatsapp karena hp gue sudah rusak jadi ga bisa nyala kalau ga dicolok charger. Gue whatsapp adik gue, “Anjing gue lagi apa?” tapi gak dibaca-baca.

Akhirnya gue whatsapp tetangga gue; “Yon, tolong liatin anjing gue ada gak di rumah?”

Dia bales; “ada, sehat. Gue masih digonggonging waktu lewat rumah lu.”

Tapi perasaan berat ini gak ilang-ilang, malah makin terjadi. Sambil patroli lagi, gue berdoa dalam hati; “Tuhan, ini kenapa sih? Coba tolong kasih tanda. Ini soal apa?” Gue tahu bakal terjadi sesuatu yang bikin gue sedih atau tertekan sebentar lagi, tapi mengenai apa itu gue gak tau. Sambil jalan gue tengok kanan kiri, apa yang paling bikin gue tertarik. Pipis kuda, keran air, mangkok berceceran air minum anjing, aquarium. Tapi gue gak nyadar kalau semua soal air, karena gue ngeliat rumput, pager, tenda juga.

Akhirnya setelah gue kembali ke tenda lagi buat nengokin Whatsapp, jam 5 kurang 15 menit adik gue baru ngebales whatsapp gue.

“tdr”, jawabnya. Anjing gue lagi tidur.

Gue tanya ke dia “filingku ga enak sampai perut mules.. knp ya?”

dia balesin 4 menit kemudian;

“Genteng bocor, laptopmu tekpindahin masih nyala”

“Br mw blg”

“trs gambarmu dan bku sketsanya basah, yg itu aku coba pindahin tp gabisa krn nyetrum…”

“Kan d situ ad stop kontak, itu kena air, trs satu meja makan nyetrumm”

Kemudian dia ngirim video berdurasi 13 detik tentang kondisi rumah secara live. Itu plafon di atas meja makan, tempat gue ngerjain komik dan cerita yang sangat berharga buat gue itu BOCOR dah kayak tepian tenda. Seperti air mancur di dalam rumah, lantainya becek. Ini gak sekadar atap bocor, ini seperti atap berlubang dan kebanjiran di daerah yang floodproof. Lebih gawat lagi, lampu kamar gue nyala, itu berarti jalur paling rawan di rumah gue masih aktif.

Cepat-cepat gue telepon adik gue. Susah banget nyambungnya, akhirnya gue telepon pake pulsa. Gue suruh adik gue untuk turunin listrik yang ngarah ke jalur kamar gue. Begitu dia udah turunin, rasanya lega banget. Langsung filing jelek yang daritadi mengunyah batin gue hilang tak berbekas.

Minggu, 2 April 2017 …

Terima kasih karena hujan badai di MKG kemaren, gue menggigil sejak sore dan sampai jam setengah satu malem gue masih nungguin gojek dateng untuk nganter gue langsung sampai ke rumah, karena gue dah cape banget. Energi rasanya terserap habis buat bertahan dari dinginnya udara yang hujan gak berhenti-berhenti itu.

Pagi-pagi gue demam dan kepala rasanya berat banget. Akhirnya gue izin ke bos kalau gue ga bisa dateng ke sana karena sakit. Untung bos gak banyak nanya dan langsung kasih izin.

Siangnya, agak santai gue bikin teh anget dan ngobrol sama adik gue … yang masih gak nyadar betapa dekat dia dengan bencana kemarin.

Mungkin gue bukan ahlinya listrik, gue juga gak tau penyebab korsleting itu apa dan bagaimana, tapi gue tau betapa bahayanya jalur listrik buruk yang aktif di waktu hujan deras. Apalagi hari kamisnya sempat korslet aneh, gue berani menebak kalau waktu itu adik gue ga ada di rumah, sekompleks ini bisa kebakaran gara-gara korslet. Gak cuma buku gambar gue yang hilang, tapi seluruh harta benda gue dan tetangga-tetangga gue yang gak bersalah.

Adik gue langsung stunned di tempat, kemudian dia ngasih tau gue bahwa pada waktu gue nelepon dia untuk matiin listrik kemarin, Grab car dia udah di depan rumah, dan dia mau pergi sampai jam 11 malem. Gara-gara gue nelepon dia dalam keadaan panik, dia jadi mau dengerin gue dan matiin listrik rumah. Coba andai waktu itu gue milih untuk mengabaikan kata hati gue, mungkin kompleks gue udah masuk tv!

Namun ada sesuatu yang kita berdua gak paham. Pada waktu adik gue turun dari lantai dua dan kemudian nyadar bahwa lantai satu kebanjiran … meja makan sudah basah semua. Laptop gue masih dalam keadaan nyala dan terbuka, di atas meja makan yang basah. Waktu dia ambil tuh laptop, dia ga pake sapu tangan, ga pake kain, cuma tangan kosong dan sendal shallow. Laptopnya gak nyetrum, dan masih nyala seperti biasa. Gue ga tau apakah Lenovo Ideapad 100 ini memang waterproof, atau faktor lain, tapi menurut gue ini kejadian yang patut disyukuri banget. Karena begitu adik gue ungsiin laptop gue ke tempat yang lebih aman, dia langsung balik lagi untuk ungsiin kertas-kertas gambar gue … dan dia kesetrum karena stop kontak bocor di meja makan itu.

Nanti kalau gue ketemu orang yang ngerti listrik, gue pasti akan ceritain soal ini dan nanya apa yang sebenernya terjadi, bener gak dugaan gue bahwa pada hari itu, hampir saja satu kompleks kebakaran gara-gara kita? Kenapa laptop gue baik-baik saja sedangkan kertas-kertas di sekitarnya nyetrum (padahal menurut adik gue keyboardnya udah basah)? Tapi untuk sementara waktu ini, biarlah gue menganggapnya sebagai mukjizat Tuhan. Karena gue gak bisa membayangkan andai laptop gue ini rusak atau rumah gue kebakaran, mungkin gue bakal depresi berat.

Thanks, Jesus, holy be Your name.

Kalideres, 3 April 2017.
Diketik menggunakan laptop yang baru saja selamat dari musibah ^___^

Me on Levy’s Decission

I remember that I once wrote a blog criticize Erwin’s leadership. By that time, people–especially fangirls–was rooting for his handsomeness and “manliness”. They were being blinded by him. I criticize his leadership as being “death-maniac”, and questioning his sanity. It all because I notice that his decisions always included sacrifice of the soldiers. Even more, the sacrifices are sometimes unnecessary. I also stated that he was crazy and the scouting legions are loosing because of him. Because of my writing, I received attack and being sued by Erwin’s fangirls. They also accused me for “not understand what is sacrifice” while I told them that they don’t understand basic of military strategies… which war casualities are part of the concerns.

As I remember SnK again right now, I begin to read everything to chapter 91 … and Levy proves me right.

 

Read Attack on Titan here…
don’t forget to support the mangaka, Hajime Isayama. He’s awesome.

http://readsnk.com/

Bicara Waktu

Ada ucapan populer yang kedengarannya bijaksana sekali; “Time will heal”.

Waktu akan mengobati.

Mari kita cek kebenarannya. Pada saat kita terluka parah, katakanlah kulit terkoyak, dan tulang patah … apa yang kita lakukan bila kita tidak melakukan apapun? Tentunya, kulit yang terkoyak tersebut akan tertutup sendiri dengan meninggalkan bekas parutan. Sementara itu tulang yang patah akan tetap berada di posisi tersebut sehingga membuat tubuh jadi tidak seperti sedia kala.

Jadi, apakah waktu akan mengobati?

Kalau waktu memang mengobati, maka berarti kita tidak perlu dokter. Kalau sakit kanker, biarkan saja maka akan sembuh sendiri. Kalau kulit terkoyak, biarkan saja maka akan menyatu seperti sedia kala. Kalau patah tulang, biarkan saja maka nanti akan kembali sendiri ke engselnya.

Sayangnya, hal itu tidak terjadi, kan?

Waktu tidak mengobati. Yang dilakukan oleh waktu adalah beradaptasi. Luka parut yang timbul, tebalnya lapisan kulit yang pernah terparut menandakan bahwa waktu mengajarkan pada tubuh kita bahwa kulit kita terlalu tipis. Waktu juga mengajarkan pada kita untuk membiasakan diri dengan perubahan yang tidak kita inginkan ; saat engsel tulang meleset ke posisi lain.

Itulah yang akan dilakukan oleh waktu. Jadi, sebelum andai melukai seseorang, sebelum anda menghancurkan sesuatu, pikirkan dulu ke depannya. Karena waktu tidak akan mengobati, waktu hanya akan memberi pelajaran.

Imanku untuk Tuhanku, bukan untuk agamaku

Pada saat usia saya 1 minggu, saya dibawa oleh kedua orangtua saya ke gereja kemudian dibaptis sebagai seorang kristen. Sejak itu, saya hidup di dunia kristen, ke sekolah minggu setiap hari minggu, menyanyi lagu-lagu rohani, membaca Alkitab, belajar mengenal Yesus Kristus. Kristen telah menjadi duniaku sejak sebelum aku tahu bedanya benar dan salah, pantas tidak pantas, dan untuk apa aku dilahirkan. Pada saat yang sama, manusia percaya bahwa kita semua terlahir bebas.

Aku seorang kristen dan sekalipun sekarang aku tidak mengikuti ritus keagamaan yang kini kuanut, katholik, aku tetap percaya Yesus. Aku tidak bisa menyangkal bahwa Yesus itu tidak ada, karena itu fondasi dari realitaku: eksistensi Yesus. Entah bagaimana bentuknya, bagiku Yesus sungguh ada.

Pertanyaannya, andai orangtuaku bukan kristen, apakah aku masih akan percaya bahwa Yesus itu sungguh ada?

Inilah salah satu alasanku untuk menjauhi dunia keagamaan. Beberapa agama mengharuskan umatnya menelan bulat-bulat realita yang mereka percayai. Kalau agama bilang Bumi itu datar, maka itulah realita yang harus kita percayai, sekalipun kita diseret masuk roket dan dibawa terbang ke luar angkasa melihat betapa bulatnya Bumi ini, kita harus tetap percaya bahwa Bumi itu datar.

Aku menyebutnya “ego agama”. Kondisi dimana seseorang benar-benar terbutakan oleh agama. Mengedepankan agama di atas segala-galanya, termasuk hati nurani. Loh? bukankah rumusnya; agama itu baik, beragama membuat orang jahat kembali ke jalan yang benar?

Apa itu “jalan yang benar”? Apakah “benar” yang dimaksud adalah “benar” dalam artian … Bumi itu datar, bukan bulat karena agama bilang begitu? atau “benar” dalam artian kita hidup harus berbuat BAIK?

Kebenaran yang kupegang adalah kebenaran yang menjawab alasan kita hidup di dunia ini. Sejak dahulu manusia selalu memikirkan satu pertanyaan renungan seumur hidupnya; untuk apa aku lahir? kenapa semua ini ada daripada tidak ada? Kenapa kita ada bila akhirnya kita akan tiada juga?

Apakah semesta ini hanya ingin bersenang-senang dalam kebahagiaan, mengalami hidup dalam jangka waktu sesingkat meteor jatuh melalui manusia? Ataukah karena ada Tuhan yang sedang ingin dipuji-puji oleh ciptaannya?

Tuhan yang aku percayai–atau setidaknya menurut apa yang kupercayai–ingin aku hidup bukan untuk meminta pujian dariku. Dia mencintai aku, untuk itulah aku ada. Aku adalah karyanya, apakah aku akan menjadi salah satu masterpiecenya? Melalui aku, dia mewartakan cintaNya pada dunia. Mungkin kita ada demi cinta, demi kasih. Mungkin itu sebabnya manusia kaya tak ada artinya bila dia tidak bisa melakukan sesuatu yang dilakukan cinta; berbagi. Mungkin itu sebabnya kita terharu saat menyaksikan kebajikan, dan berduka saat melihat ketidak-adilan. Karena manusia terlahir baik, tersenyum saat melihat kebaikan, menangis saat melihat keegoisan.

Dari sana, aku percaya bahwa hidup ini tak ada artinya bila kita tidak berbuat baik bagi orang lain. Tiliklah kisah “Robohnya Surau Kami”, yang maknanya kini sedang dibolak-balikkan oleh beberapa orang aneh. Kita seakan begitu terbutakan agama sehingga kita percaya bahwa tanpa agama kita akan hancur, alasannya karena agama adalah sumber kebaikan. Tapi kita lebih membela orang jahat asal beragama daripada orang baik yang tidak beragama. Ironis, bukan? Apa yang Tuhan pikirkan bila seseorang menjahati orang lain demi diriNya? Apakah Tuhan yang penuh kasih akan bangga?

Kita terlahir baik, jangan sampai kita mengabaikan kebaikan karena hal-hal yang terlalu kita cintai. Ingatlah bahwa cinta buta itu tidak baik.

Masih Banyak yang Meremehkan ADHD

Rasa-rasanya Indonesia ini negara yang sangat tidak ramah ADHD. Pengetahuan orang-orang mengenai kelainan psikologis ini benar-benar dangkal. Saya sangat menyayangkan hal ini, karena ADHD merupakan sesuatu yang serius, seperti kelainan, tapi bukan berarti sakit jiwa. Ada sesuatu yang berbeda dari cara kerja otak orang ADHD yang membuat mereka tidak bisa menjadi “senormal” orang pada umumnya.

Pagi itu waktu membuat kopi dengan mesin pemanas listrik, mendadak pemanas itu meledak. Ternyata saya lupa untuk mencabut kabel dari sumbernya sehingga mengakibatkan overheat dengan cepat, dan akhirnya meledak. Pada saat itu ada teman saya yang usianya jauh lebih tua daripada saya. Dia mengatakan bahwa hal itu terjadi karena saya banyak pikiran.

Sebenarnya diagnosa “banyak pikiran” tidak terlalu salah. ADHD bukannya kurang perhatian, tapi perhatian mereka terlalu banyak dan kemana-mana, sehingga ujung-ujungnya jadi “banyak pikiran”. Walau pun diagnosanya nyaris tepat, tapi sebutannya kurang. Teman saya itu mengatakan bahwa saya seperti orang stres, terlalu banyak pikiran. Akibatnya kurang konsentrasi dan fokus. Tidak salah, karena orang ADHD yang perhatiannya ke mana-mana ini juga akhirnya kurang konsentrasi dan fokus. Sama saja.

Kemudian setelah saya menjelaskan bahwa saya memiliki “penyakit” psikologi yang disebut ADHD, dia menganjurkan agar saya tidak percaya dokter. Alasannya, karena diagnosa dokter yang satu dengan yang lainnya pasti berbeda.

“Yah, namanya juga manusia.”

Saya kembali teringat pada teman yang lainnya yang menganggap saya terlalu depresi sehingga menjadi pelupa, susah konsentrasi dan fokus, akibatnya jadi impulsif dan temperamental. Padahal kalau dirunutkan masalahnya, awal dari depresi yang saya alami adalah karena dunia ini tidak cocok dengan orang ADHD, terutama hidup di Indonesia. Mungkin di luar negeri individualitas sudah dihargai, menjadi seniman tidak sesulit dulu. Tapi di Indonesia orang masih terpaku pada profesi dokter dan admin.

Ya, teman saya benar, masalah saya adalah masalah umum orang ADHD; pelupa, susah konsentrasi, susah fokus, impulsif dan temperamental. Tapi baru saja saya hendak menjelaskan secara neurologi, dia sudah buru-buru menimpali bahwa saya harus banyak berdoa dan beribadah. Kalau Tuhan mau menyembuhkan ADHD, kenapa dia memberikan itu kepadaku saat lahir dulu? Kurasa Tuhan memberikan ADHD ini sebagai bentuk tantangan dalam hidup, bukan sesuatu untuk disingkirkan tapi dikendalikan.

Tanggapan teman lainnya mengenai ADHD belum selesai sampai di sana. Ada lagi seorang teman yang sangat suka menggunakan kata “mind set”. Ya, saya sendiri percaya akan kekuatan mind set. Tapi masalahnya, teman ini mirip dengan ayahku dulu sebelum dia paham apa itu ADHD (dan menyadari bahwa dia juga mengindapnya). Teman ini beranggapan bahwa semua orang itu baik-baik saja. Dia percaya penyakit psikologi itu tidak ada, hanya masalah mind set. Dengan kata lain, andai dunia ini terbalik, dimana penyakit fisik dianggap seperti penyakit psikologi; keberadaannya dianggap “tidak nyata” karena “tidak terlihat”, maka dia akan menyuruh orang yang tidak punya kaki untuk ikut lomba lari di medan pelari normal yang semua pesertanya punya kaki sehat. Kemudian ketika si pelari tak berkaki ini kalah, dia akan mengatakan bahwa ini kesalahan mind setnya yang percaya bahwa dia tidak punya kaki sehingga tidak bisa berlari.

Oh man…. aku harap kelak ada yang bisa kulakukan untuk membuat orang-orang sadar apa itu ADHD, bahwa itu adalah kenyataan, bahwa itu adalah sesuatu yang mematikan yang bisa menjerumuskan seseorang ke dalam narkotika dan candu, sesuatu yang membuat seseorang menjadi depresi karena terus menerus gagal di dunia yang tak ramah ADHD ini.

Jangan salah paham, aku bukannya berharap orang akan mengalah pada orang-orang ADHD, tapi aku hanya ingin orang paham apa itu ADHD. Karena jujur saja, susah sekali mencari pekerjaan apabila ADHD sudah sangat parah. Aku benar-benar mengecam dan menyesali ini karena hidupku dihancurkan oleh penyakit ini. Untuk bangkit kembali susah sekali, tidak ada yang mau mempekerjakan karyawan yang selalu telat, pelupa, impulsif, hiperaktif, susah konsentrasi, yang seringkali teledor sekalipun sudah membuat buku catatan dan reminder. Kalau boleh memilihpun aku lebih suka untuk terlahir normal tanpa ADHD.

Powered by WordPress.com.

Up ↑