pexels-photo-69372

Jadi gini ceritanya, anjing gue beranak 3, lalu mati diracun orang. Jadilah bayi orok anjing itu kurawat sendiri.

Banyak orang yang pesimis mereka bisa hidup. Selain umurnya baru semingguan, gue juga gak setiap saat di rumah. Gue harus ngantor tiap pagi dan berkat jalanan macet, sekalipun gue pulang sore, tetep aja waktu nyampe rumah langit dah gelap.

Di awal-awal gue sih optimis aja. Kalau gue gak optimis, mereka juga gak bisa optimis. Percaya gak percaya, hewan juga bisa mengerti apa yang kita pikirin loh… intuisi mereka tuh lebih tajem daripada cewek jealous hehe…

Sekarang syukurlah mereka sudah melewati masa rawan, umur sudah 5 minggu, jadi udah bisa tenang kalau ditinggal kerja seharian.

Buat kamu yang sedang galau gimana caranya merawat puppy terlantar, ini ada tips untuk merawat mereka:

1. Susu bayi. Sebagai pengganti asi, gunakan susu bayi untuk 0-6 bulan. Sebenernya bisa juga pakai susu golden puppies yg dijual di toko-toko hewan peliharaan. Tapi entah kenapa para puppies yang kurawat malah mencret dan diare. Jadi kustop dan kuganti Frissian Flag. sempet ganti susu juga, tapi diare lagi, jadi kembali lagi pakai frissian flag. cara ngasih makannya jangan posisi bayi manusia yang terlentang, posisikan perutnya menghadap bawah karena itu posisi nyaman untuk anjing.

2. Waspada diare!! Susu bukan makanan yang mudah untuk dicerna, kamu harus perhatiin bener-bener reaksi dari para puppies. Kalau mereka muntah-muntah dan mencret, tandanya gak cocok. cepat ganti susunya sebelum mereka mati!!

3. botol bayi dan pipet. Ini dia dua senjata yang kamu butuhkan! dot bayi biasa yang cuma 11.000 di minimarket terdekat juga oke. yang penting lubangnya jangan terlalu gede, mereka bisa pneumonia karena air susunya masuk ke paru-paru. Tunggu agak dingin juga sebelum dikasih ke puppiesnya. Kalau ada puppy yang kesulitan minum pakai dot, pakai pipet saja dulu. Gue belinya di apotik terdekat, harga cuma 2.000an. yang penting sabar dan ngasih makannya pake perasaan, jangan dicekok. Ingat, bayi butuh kasih sayang dari ibu mereka, maupun pengganti ibu.

4. cek lidah. lidah merupakan indikator penting dalam mengecek kesehatan anjing. sebaiknya sering-sering ngecek. warna yang sehat itu merah muda, dan kondisi mulut basah. kalau warnanya biru(kecuali ras tertentu), berarti dia kedinginan. bisa juga indikasi sakit jantung. kalau warnanya putih… apalagi kekuningan, berarti dia sakit pencernaan. kalau gak segera ditangani drh, bisa mati dalam hitungan jam!! cek juga kalau mulut anjing terasa kering, mungkin dia dehidrasi. cek nafasnya juga, kalau gak normal, berarti dia butuh vet.

5. lampu 5 watt. karena orok anjing belum bisa mengatur suhu tubuh otomatis, mereka butuh kehangatan ekstra. selimut gak cukup, karena mereka bisa ngeloyor keluar. gunakan lampu bohlam 5 watt atau penghangat apapun, yang penting suhu di tempat mereka tidur terjaga kehangatannya. jangan lupa juga kalau pagi dikeluarin, kena sinar matahari langsung biar sehat.

6. vitaplex. vitamin bayi ini tambahan nutrisi yang gak mereka dapatkan dari susu pengganti. rekomendasi dari vetku adalah vitaplex. kasih 1 tetes tiap hari.

7. minta bantuan orang lain saat berhalangan. Kalau tidak mungkin membawa mereka ke tempat kerja, percayakan pada orang rumah atau tetangga yang sanggup melakukannya. kalau tidak ada, titipkan di shelter atau petshop dengan sedikit fee.

oke, itu tips2 dari gue untuk merawat anak anjing yang masih orok. kuncinya sabar menjaga kebersihan, telaten ngasih makan, dan cinta.

Sekarang puppies yang kurawat itu sudah bisa main terkam-terkaman, menjelajah kolong rumah, dan mereka suka sekali telur rebus dicampur susu. Sayangnya, 1 mati karena keseleg susu dr dot yg bolong tepat di hari ke 29. Kalau waktu itu gak pas hari libur lebaran, vet pasti bisa menyelamatkan Spot-Cow ku yang manis…

Anyway, just do your best and good luck!

Advertisements