77365_0

Mayoritas gamer yang pernah main Final Fantasy 7 pasti setuju kalau “one winged angel” itu lagu battle paling keren di seantero franchise. Untuk itulah, gue bermaksud menyebutkan 13 saja lagu-lagu battle Final Fantasy yang gak kalah keren dari theme songnya Sephiroth itu.

13. Still More Fighting -FF7

Easy listening. siapa sih yg gak demen lagu rock beken ini?

12. Trisection – FFT

Jujur aja lagu ini gue demen banget. tapi kenapa ada di urutan bontot?

Jawabannya … karena semua yg kuurutkan di sini sebenernya gak terlalu  jauh level kedemenannya.

Dengerin trisection berasa seperti melihat adegan perang di dunia victorian. apalagi dengan bel2nya dan brass yang mengesankan desperation fight.

11. The Extreeme – FF8

Gak perlu banyak omong, banyak banget yg demen dengan lagu ini. rock yg agak2 eropa timur, yapi keren. Bikin final battle jadi super serius dan tegang penuh konsentrasi, walau sebenernya boss akhir FF8 itu guampaaang banget (masih lebih gampangan 12 sih)

10. Blinded by Light – FF13

Easy listening, pertama kali denger aja gue tau nih lagu enak.

9. Boss Battle – FF6

Klasik, rock orkes dari Nobuo Uematsu. pertama kali denger kayaknya nih lagu aneh banget. Tapi kalo didengerin enak juga, terutama bassnya yang bermelodi, saling mengisi dengan instrumen lainnya.

8. Aeon Battle – FF10-2

Lagu ini keren mengingatkanku pada trailer2 film action thriller.

7. Boss Fight – FF10

Lagu perang dari seri ke sepuluh ini keren abis. sepintas dia mirip dengan pola pada FF12 Boss fight, tapi lagu ini gak bercerita seperti lagu FF12 itu. Lagu ini lebih mirip dengan lagu boss FF9, lebih kepada rock orkes.

6. Boss Fight – FF12

Butuh pertarungan ke sekian untuk membuatku menotis kerennya lagu ini. Lagu ini seakan sedang menceritakan satu legion pasukan yang bersiap menghadapi musuh. awalnya, atur strategi dan perbekalan perang, kemudian hajar!! Hantam!! Tanpa ampun!!

Sedikit banyak punya pola yang mirip dengan trisection FFT dan Nemesis dungeon boss nya FF14.

5. Torn From Heaven – FF14

Saat mendengarkan lagu ini untuk pertama kali, aku cukup terkesan karena tidak menduga chrystal theme bisa segahar ini. Lagu yg biasanya bikin ngantuk dan melambangkan kemurnian kristal ini jadi cukup engaging dengan sense adventurousnya yang menggebu.

4. Esper Battle – FF12

Salah satu dari beberapa lagu FF yang mirip dengan One Winged Angel. Bukan hanya karena sama2 menggunakan choir, tapi juga sama2 menggambarkan something divine dan evil sekaligus.

Anyway, gue masih menunggu seorang drummer yang menyadaru betapa keren beat lagu ini, kemudian mengcovernya untuk diupload ke youtube.

3. Battle Theme – FF9

Gak salah, lagu battle FF9 ini sangat easy listening dan bikin mulut pingin bersiul2. didengar kan ribuan kali juga masih asik. Saat mendengarkannya berasa mendengarkan sesuatu yang klasik, seklasik dan seclassy gamenya.

2. Nemesis, Boss dungeon Battle – FF14

Aku diperkenalkan lagu ini lewat game FF Record Keeper, saat event FF14 berlangsung. setelah mendengar beberapa kali langsung demen karena aransemennya berasa sedang bertarung habis2an demi melindungi sesuatu dari something evil.

1. Legendary Beast – FF8

Sebagai penggandrung musik orkestra yang rumit namun tetap hamonis, Legendary Beast benar-benar musik favoritku. Terutama karena mendengarkan musik ini, aku bisa membayangkan betapa angkernya si Griever. Feel yang sama dengan yang kurasakan saat mendengarkan One Winged Angel yang menggambarkan betapa divine sekaligus evil dan dangernya Sephiroth. Sayangnya FF8 kurang menonjolkan peranan Griever dalam cerita selain dari kalungnya Squall. Coba kalau Griever yang diduga  adalah biggest fear and imaginationnya Squall ini diperdalam .. mungkin lagu ini bisa gak kalah populer dibanding One Winged Angel.
Nah, temanz, itulah 13 lagu FF yang enak didenger selain One Winged Angel. Apa lagu battle FF favoritmu? tell me what you think, oke? 😉

Advertisements