Ada hal-hal yang pantas untuk diperjuangkan, ada yang tidak. Ada hal-hal yang perlu untuk diprioitaskan, ada yang tidak.

Pada saat berhubungan dengan orang lain, penting bagi kita untuk memperhitungkan faktor simbiosis mutualisme. Jangan sampai simbiosis di antara anda dan orang itu berubah menjadi parasitisme.

Satu hal yang perlu dicatat, anda dan orang lain sama nilainya. Tak ada seorangpun yang lebih bernilai dari yang lainnya, sekalipun anda budak dan dia bos. Lagipula sistem perbudakan sudah lama ditendang dari kemanusiaan. Tapi tetap harus diingat, hidup anda bergantung pada suasana hati bos.

Tanggung jawab terhadap orang lain harusnya menjadi prioritas utama. Sebaiknya kepentingan umum berada di atas kepentingan pribadi. Idealismenya memang seperti itu. Tapi, pada saat sesuatu yang sudah dibela-belain jadi prioritas utama itu malah menjadikan kita sampah, membuat kita merasa tidak ada nilainya, prioritas tersebut sudah tidak layak lagi diutamakan.

Jangan mau diremehkan, apalagi oleh orang-orang pasif-agresif. Karena mereka itu lucu, suka main kode-kodean. Ya, mereka menyukai itu, sekalipun mereka yang dengan tegas mengatakan kode-kodean itu bodoh. Orang pasif-agresif saking kepinginnya mendapatkan tujuannya tanpa konfrontasi dan konflik, mereka main kode-kodean dengan cara menjauh, berdiam diri dibalik topeng kharisma(-kharismaan), dan berharap orang lain sudah mengerti apa yang mereka inginkan.

Menurut saya sih lebih parah daripada komunikode.

Lucu.

Intinya sih gitu aja. Jangan menyia-nyiakan kemampuanmu hanya untuk diobrak-abrik oleh oknum-oknum pengecut yang tidak bisa mengerti sisi baikmu.

Advertisements