potato-soup-237761_960_720

Kentang tumbuk cukup murah, bikinnya gampang tapi memakan waktu lama. Kalau kamu gak masalah dengan itu, ini ada resep pribadi ngebikin kentang tumbuk sederhana pengganjal perut saat gak mampu beli beras hehe …

Jadi biasanya gue beli 1 kg kentang, terakhir beli 1 kg masih 10rb. Perutku cukup puas menampung kentang segenggam, kira-kira 300gr. Jadi 10rb itu bisa dimakan untuk 3 porsi.

Bahan-bahan :

  1. Kentang 300gr kurang lebih
  2. Keju (sesuai selera)
  3. Garam (setengah sendok teh atau sesuai selera)
  4. margarin (rekomendasi gue adalah Blue Band)
  5. Susu (satu gelas aja)
  6. bawang putih (satu butir)
  7. telur

*salah satu alasan gue suka kentang tumbuk adalah karena dia cukup fleksibel. Kamu bisa pakai bahan bumbu apapun yang kamu mau sesuai selera. Misalnya suka cabai, bisa tambhkan cabe, tapi kalau gak ada cabe juga gak masalah. Begitu juga dengan lada, dsb.

Oke, kita mulai aja bikin kentang tumbuk ini.

  1. Rebus kentang dalam panci sampai dia lembek. selembek2nya (biasaya 20 menit) Sedikit tips, memotong kentang tipis-tipis bisa mempercepat proses dan menghemat gas. Tergantung selera, kamu boleh membiarkan kulitnya tetap ada di sana untuk dimakan (enak loh)
  2. Setelah kentang menjadi lembek, pisahkan dari air rebusannya, lalu tumbuk sampai halus. kalau gak punya pengocok telur, bisa pakai garpu dan sendok kok. gue sih lebih gampang pakai garpu.
  3. Campur dengan telur dan margarin
  4. masukkan juga bahan-bahan lain sesuai selera. kalau gue susu, keju dan garam aja udah cukup. Kalau kamu mau masukin bawang atau lada, silakan.
  5. aduk di api kecil, kalau kamu gak pakai susu, tambahin sedikit air biar dia encer. karena kalau gak ada airnya, ntar malah nempel di dinding panci. Aduk terus sampai rata, jangan berhenti ngaduk karena nanti nempel semua.
  6. Kalau sudah kluar gelembung-gelembung seperti air mendidih, berarti sudah matang.
  7. sajikan di atas piring, bisa tambahkan toping sesuai selera (kalau gue sih keju dan mayonaise cukup. tapi kalau mau tambah saus tomat juga silakan)

Porsi ini sanggup mengganjal perut gue sampai 5 jam. Selamat makan!

